Rabu, 06 April 2016

Format RPP KTSP dan K 13


CONTOH FORMAT RPP KTSP)
(SESUAI DENGAN PERMENDIKNAS NO. 41 TAHUN 2007)



Satuan Pendidikan             : SDN 1 Manado
Mata Pelajaran/Tema          :
Kelas/Semester                    : IV/Ganjil (2
Jumlah Pertemuan              : 1 x 50 menit)

A.SK, KD, INDIKATOR, DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
    1. Standar Kompetensi
         ………………………………………………………………………………………….
     2. Kompetensi Dasar
         ………………………………………………………………………………………….
     3. Indikator
         a. ………………………………………………………………………………………
         b. ………………………………………………………………………………………
         c. ………………………………………………………………………………………
      4. Tujuan Pembelajaran
         a. ………………………………………………………………………………………
         b. ………………………………………………………………………………………
         c. ………………………………………………………………………………………
B. MATERI AJAR
     (Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yg relevan dan ditulis
     dalam bentuk butir-butir sesuai rumusan indikator), yaitu:
1.    ……………………………………………………………………………………….
2.    ……………………………………………………………………………………….
3.    ……………………………………………………………………………………….
C. METODE DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
     1. Metode Pembelajaran: Explisit Instructionu
     2. Kegiatan Pembelajaran:
     
Tahapan Kegiatan
Rincian Kegiatan
Alokasi Waktu
(1)
(2)
(3)
PENDAHULUAN
1.    1Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
5 menit
2
3
KEGIATAN INTI
35 menit
 Elaborasi,

Elaborasi

1 Menjelaskan pengetahuan/ mendemonstrasikan keterampilan
2. Latihan terbimbing
3
4
PENUTUP
1.    1Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
10 menit
1.    Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

2.     






  

D. PENILAIAN HASIL BELAJAR
     1. Prosedur Penilaian
          a. Mengkaji indikator
          b. Menyusun alat penilaian: (tes atau non tes)
          c. Melakukan tes, pemeriksaan, skoring, dan penilaian

      2. Jenis dan Bentuk Penilaian
           a. Jenis Penilaian     : Formatif atau sumatif
           b. Bentuk Penilaian : Tes atau Nontes

3.    Alat Peniaian:
a.    Tes                        : (Uraian atau Objektif)
b.    Non Tes               : (Unjuk kerja, penugasan/proyek, produk, portopolio, sikap,   
                              penilaian diri)
4.    Kunci Jawaban       : …………………………………………………………….

E. SUMBER BELAJAR
     1. Alat Bantu:
         ……………………………………………………………………………………….
      2. Media Pembelajaran:
          a. Chart, Gambar
4.    Sumber Rujukan:
Haryanto. 2012.  Sains untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Erlangga
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
F. LAMPIRAN RPP:
    1. Handout/Ringkasan Materi
    2. Rancangan Media Pembelajaran
    3. Lembar Kerja Siswa
    4. Kisi-kisi dan soal tes
    5. Lembar Penilaian Nontes



                                                                                       Manado, 22 November 2015
Kepala Sekolah,                                                             Guru Kelas,       


…………………………                                                    …………………………………




CONTOH FORMAT RPP KURIKULUM 2013)
(SESUAI DENGAN PERMENDIKBUD NO. 81A, TAHUN 2013)

Sekolah                   : SDN Lilang
Tema/Sub Tema    : 1. Diriku/1. Aku dan Teman Baru
Kelas/Semester      : I/I (2015/2016)
Materi Pokok          : ………………………..           
Alokasi Waktu         : 1 x 50 menit
Pembelajaran         : I

A.  Kompetensi Inti (KI)

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1. _____________ (KD pada KI-1)
2. _____________ (KD pada KI-2)
3. _____________ (KD pada KI-3)
Indikator: __________________
4. _____________ (KD pada KI-4)
Indikator: Menjalankan peraturan permainan di sekolah
Catatan:
KD-1 dan KD-2 dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan dalam indikator karena keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikator dikembangkan hanya untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran langsung.
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
E. Metode Pembelajaran: Discovery (Penemuan)
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
2. Alat/Bahan
3. Sumber Belajar

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan/Kegiatan Awal  ( 5 menit)
1.    Pemberian Ransangan

Kegiatan Inti (35 menit)
2.    Pernyataan/Identifikasi Masalah
3.    Pengumpulan Data
4.    Pengolahan Data

Penutup ( 10 menit)
5.    Pembuktian
6.    Kesimpulan

H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran



FORMAT RPP KURIKULUM 2013
(SESUAI PERMENDIKBUD  No. 103/2014)

Sekolah                     : SDN 1 Manado
Tema/Sub Tema       : 1. Indahnya Kebersamaan/1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Kelas/Semester        : IV/ Ganjil 2015/2016
Alokasi Waktu          : 1 x 50 Menit

A. Kompetensi Inti
    :
    1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
    2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
        dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
        membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk  
        ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, 
        sekolah, dan tempat bermain.
    4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,
        dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
        tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
     1. KD pada KI-1
     2. KD Pada KI-2
     3. KD Pada KI-3
     4. KD Pada KI-3

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
    1. Indikator KD pada KI-1
    2. Indikator KD Pada KI-2
    3. Indikator KD Pada KI-3
    4. Indikator KD Pada KI-3

D. Materi Pembelajaran

E. Kegiatan Pembelajaran

F. Penilaian, Remidial dan Pengayaan

G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar